[REKOMENDASI] 100 TEMPAT MAKAN ENAK di JAKARTA (Bag. 4)

by September 30, 2014
Soto Betawi H. Mamat

Soto Betawi H. Mamat

Inilah daftar 25 tempat makan terakhir dari 100 tempat makan favorit di artikel sebelumnya sini, sini, dan sini berdasarkan survei orang-orang.. Met menikmati.

76. RM Betawi Ibu
Atikah Jl Kebon Kacang V no.29, Tanah abang

Sate sapi cincang khas Betawi di Tanahabang. Sate lembut adalah hidangan khas Betawi, yakni sate sapi
cincang yang disantap bersama dengan ketupat laksa.

77. Soto Betawi H. Mamat
Jl Raya Serpong No.51 (depan dealer Suzuki BSD) Telp 70285416
Sop, soto dan oseng daging di kedai H4ji Mamat ini favorit di kalangan penikmatnya. Tampilannya sih, tak jauh beda dengan masakan Betawi lainnya. Tapi, tentu kesegaran dan gurihnya racikan Bu h4ji Mamat ini tetap ada khasnya.

78. Bakmi Jogja
Jl Darmawangsa Raya 10C, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Untuk penikmat bakmi godog khas Jogja, tempat ini layak dikunjungi.

79. RM Nasi Cirebon
Gading Batavia Food Promenade Blok C

Bagi penggemar masakan Cirebon atau sekedar rindu masakan Cirebon, RM ini menghidangkan masakan khas Cirebon seperti, Empal Genthong, Nasi Jamblang dan Nasi Lengko.

80. Dulang Palembang
Jl Cinere Raya 77, Depok

Ingin menikmati masakan khas Palembang atau jambi? Cobalah mengecap gurihnya martabak kari, pedasnya pindang udang, juga segarnya es kacang merah.

81. Tahu Campur Ojo Lali
Jl Saharjo, Tebet ( 25 meter dari McDonalds kearah Pancoran)

Kangen tahu campur Lamongan? Seperti tahu campur kebanyakan, racikannya berupa tahu goreng, mi basah, daun selada, irisan perkedel singkong, dan toge yang disiram kuah kaldu urat dan lemak sapi yang panas. Sebelum disiram kuah, campuran tahu dan mi itu terlebih dulu dibubuhi sambal petis. Nah, olahan petis inilah yang membuat tahu campurnya berbeda dengan kedai lainnya. Petisnya asli Surabaya lho, rasanya lebih nabok, Rek!

82. Super Bakso
Kawasan Gunung Sahari, seberang mal Golden Truly

Menu istimewa tentunya adalah bakso daging dengan ukuran super besar, bakso urat,bakso seafood serta bakso rajungan dan bakso kulit ikan yang tidak dapat ditemukan di sembarang tempat. Ada isi tambahan lain untuk mangkuk baksonya berupa bihun dan tahu.

83. Pecel Pincuk Kalibata
Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan

Alternatif lain bagi penggila pecel. Kedai ini cocok bagi anda yang ingin makan serasa di kampung halaman. Meja, tempat duduk, tudung saji hingga dindingnya terbuat dari anyaman bambu seperti di desa. Selain nasi pecel, lauk pauknya ada empal, ati ampela, paru, bacem tahu dan tempe, bakwan jagung, telur asin, botok teri,pepes tongkol, peyek teri, peyek kacang dan dadar jagung. Sambalnya khas dan unggulan yaitu sambal tumpang. Sambal yang terbuat dari paduan kacang dan tempe yang diiris-iris lalu dihancurkan. Rasanya sedikit pedas dan gurih.

84. Strawberry Cafe
Jl Tanjung Duren Barat III No.1, Jakarta Barat

Mari, menjajal berbagai menu makanan yang serba berpenampilan stroberi. Menu unggulan adalah serabi yang disebut serabi istana presiden, ada nasi goreng stroberi yang berwarna merah menyala, spageti merah yang sausnya berasal dari stroberi segar. Adalagi strawberry chocolate flambõd Penganan ini berasal dari buah stroberi utuh plus cokelat. Untuk minuman, ada 130 macam jus. Yang unik, penyajian jus ini menggunakan gelas khusus yang di bagian bawahnya terdapat ikan hidup atau batu menyala.

85. Kedai MaPinah
Jl Raya Kapten Tendean No.2, Jakarta Selatan

Kalau nggak sempat mencicipi Kedai MaPinah di jalur Pantura daerah Pamanukan, mampir aja ke Jaksel,
sama aslinya kok. Menu andalan kedai ini adalah ikan etong bakar dengan berbagai sambal antara lain, sambal kecap manis yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, sambal merah ulek dan sambal terasi khas Sunda. Kalo udah sering coba nasi bakar, bolehlah coba nasi kerikil. Nasi kerikil
adalah campuran antara nasi uduk dengan irisan wortel, jagung dan ati ampela. Rasanya di mulut sangat ramai, persis seperti ada butiran kerikil-kerikilnya.

86. Seafood Gebang 49
Jl Kalimati Pademangan,Jakarta Utara

Seafood lagi, lagi-lagi seafood! Bagi penikmat seafood, umumnya menu andalan kedai seafood yang sering dijumpai adalah kepiting, cumi, udang atau ikan. Tapi dikedai ini yang menjadi andalan adalah masakan kerang. Dari sekian banyak pilihan yang ada di kedai ini, yang paling melegenda adalah menu kerang goreng saus padang. Keunikan dari kerang goreng saus padang ini terletak pada penyajiannya yang masih menempel di cangkangnya.

87. Ketupat Sayur Murni
Jl Raya Kebayoran Lama PAL 7 No.6, Jakarta Selatan

Ketupat sayur ala Betawi ini, sayur kacang panjangnya tak terlalu pedas, santannya kental, bumbu bawang dan laos sangat terasa. Lauknya adalah semur daging, pindang bandeng dan ayam goreng. Sedangkan sambalnya adalah sambal kacang yang dibumbui cuka.

88. Soto Ceker Arifin
Jl Gandaria,JakartaSel atan

Menikmati soto ceker dengan penerangan beberapa batang lilin. Soto ceker Arifin berkuah kuning dan sedikit keruh, meski begitu, soto hasil racikan resep keluarga ini sp; tidak menggunakan santan. Soto ceker ini bisa dinikmati dengan ditemani sate jeroan ayam, uritan (telur ayam yang belum memiliki cangkang) atau keripik kulit yang terasa gurih dan garing, sambil dicocol sambal soto yang diberi kecap.

89. Warong Shanghai Blue 1920
Jl Kebon Sirih Raya No. 79, Jakarta Pusat

Bagi penggemar masakan Shanghai dan Betawi, warong ini termasuk salah satutempat yang tepat
dikunjungi. Ketupat sayur ala Betawi ini, sayur kacang panjangnya tak terlalu pedas, santannya. Menu favorit adalah ketoprak japit Mbak Leha, yang disajikan spesial dengan dilapisi opak khas Betawi sehingga rasanya manis, sedikit pedas dan renyah. Ketoprak ini bisa disebut sandwichnya Indonesia. Hidangan spesial lainnya adalah telor dadar Mpok Zaenab, rujak juhi dan nasi semur lidah Betawi. Sedangkan menu makanan Shanghai andalan adalah sop buntut resep Shanghai yang disajikan dengan bumbu karamel, sehingga membuat rasa sop ini menjadi gurih dan sedikit kental manis serta menu ayam masak merah yang kental dengan aroma kayu manis dan rasa segar karena kandungan kulit jaeruk di dalamnya.

90. Ratu Kepiting
Apartemen Wisma Gading Permai, Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading

Sesuai namanya, menu unggulan adalah kepiting saus padang, dimana bumbu dan rasa sambalnya lebih
nendang, kuah kepitingnya lebih kental dan rasa pedasnya dicampur dengan sedikit rasa asam dan manis. Rasakan nikmatnya daging putih kepiting bercampur saus padang pedas. Jangan lupakan sayuran
pendamping, terutama cah kangkung.

91. Porta Venezia Aston Sudirman,
Jl Garnisun Dalam No.8

Sesuai namanya, restoran ini menyediakan olah masakan Italia. Sebagai menu pembuka, bisa dicoba Funghi Ai Granci, yaitu jamur dibaluri keju dengan daging kepiting di atasnya. Menu utamanya yang
menjadi unggulan.Salmone Alia ataustek ikan salmon khas Italia.

92. Bakmi Toko Tiga
Jl KH Wahid Hasyim 63A

Merasa jenuh makan nasi? Bolehlah sekali-kali mencicipi menu olahan mie di tempat ini. Menu andalannya
adalah mie ayam jamur dan lomie, rasanya.. mie banget! Sebagai makanan variasi, nggak ada salahnya dicoba udang cabe garamnya.

93. Healthy Choice
Jl Kemang Raya No.32, Jakarta Selatan

Mau menyantap menu lezat, badan tetap sehat wal afiat? Monggo berpetualang menikmati menu organik yang lezat dan sehat. Keunggulan resto ini adalah bahan bakunya berbahan organik nan segar
alias tidak menggunakan pestisida. Sajian pembuka resto ini antara lain tower spring roll, yogi crispy mushroom, salmon croquet, fish finger dan bruchetta. Sedangkan menu utama adalah dorinos steam fish atau yang biasa dikenal sebagai ikan dori tim, dimana ikan dori sebagai bahan utamanya didatangkan khusus dari tempat asalnya, Vietnam. Selain itu, menu organik lainnya adalah organic
pasta, organic shabu-shabu, organic sandwich & burger,sampai sajian organic steak & ribs.

94. Warung Pojok Pak Tris
Jl Poso No. 1E RT 005 RW 004, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Warung ini menyuguhkan menu andalan berupa sop iga sapi dengan kuah yang mengepul. Dagingya lembut dan kuahnya pedas lada. Pak Tris juga menyediakan hidangan unggulan lain, seperti sop buntut dan bakso urat sapi.

95. Kafe Cali Deli
Jl Surabaya, Jakarta Pusat

Sandwich atau roti tangkup berisi daging ayam panggang serai ala Vietnam merupakan salah satu menu favorit kafe ini. Pada daftar menu, roti tangkup ini disebut Lemongrass Chicken Sandwich. Kafe ini
memang berspesialisasi pada sandwich ala Vietnam dan kopi Vietnam yang dinamai Black Magic untuk versi dingin dan Midnight Express untuk kopi panas. Sebagai hidangan pembuka, boleh dipilih Clam Chowder yaitu sup kerang yang disajikan dalam roti Perancis berbentuk seperti mangkuk.

96. Nasi Campur dan Kari 89
Jl Pademangan 4 gg 18 dan gg 21

Jika pingin mencoba menu khas Pontianak, bolehlah mampir kesini. Nasi karinya hampir sama dengan versi Jawa, tetapi nasi campurnya lebih menyerupai nasi putihditambah Sioke & Siobak dengan kuah gurih agak berminyak.

97. Restoran Bebek Ginyo
Jl Tebet Dalam No.12, Jakarta Selatan

Tentu saja racikan hidangan bebek nan lezat menjadi menu andalan di Bebek Ginyo,yang tersaji dalam lima jenis hidangan bebek, yaitu bebek goreng, bebek bakar, bebek baledo, bebek sambal hijau dan bebek kremes. Ada menu khas di resto ini : pepes bebek.

98. Nasi Goreng Babeh Sanim
Jl Pandurenan Raya (Samping Masjid), Kuningan, Jakarta Selatan

Selain dimasak sop dan sate, kambing juga lazim digoreng bersama nasi. Hasilnya adalah nasi goreng kambing. Aroma wangi memang akan tercium setiap kali kita hendak melahap sesendok nasi goreng bikinan Babeh Sanim. Itu wangi kelabat,semacam jamu yang biasa dipakai untuk bikin bumbu gule.

99. Dapur Buntut
Jl KH Abdullah Syafei 50D

Sop buntut dengan lemak yang menebal dan kuah yang gurih, sih, sudah biasa. Nah, kali ini ada yang tak biasa. Yaitu sop buntut panggang bumbu barbeque, sop buntut rasa karamel dan sopbuntut tulang lunak. Khusus sop buntut rasa karamel, rasa manis karamel yang dipasangkan di buntut sapi tak terbayangkan rasanya. Karamel dalam irisan buntut setebal 2 cm ini tidak sepenuhnya manis. Ada rasa pedas-pedas yang muncul dari gerusan butiran kasar lada hitam. Juga rasa gurih dari campuran bawang.

100. Warung Mbah Jingkrak
Jl Bulungan 26, Kebayoran, Jakarta Selatan

Bagi penggila rasa pedas, warung ini cocok untuk memuaskan dahaga akan rasa pedas. Warung ini menyediakan spesial masakan Jawa yang berbumbu ekstra-pedas, sehingga membuat penggemarnya jadi jejingkrakan. Beberapa menu yang jadi jagoan pedas adalah, ayam rambut setan, tempe jingkrak dan sambal iblis. Untuk nasi, bisa dipilih nasi merah atau nasi putih.

Inilah 100 tempat makan favorit yang ada di Jakarta.. Untuk pemesanan dan keterangan lebih lanjut bisa kunjungi rumah makan terdekat hehe…

Sumber: usaha-onlines.blogspot.com

Comments

comments

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Only registered users can comment.