[REKOMENDASI] 100 TEMPAT MAKAN ENAK di JAKARTA (Bag. 1)

by September 30, 2014
Gado Gado Bon Bin

Gado Gado Bon Bin

Siapa yang suka makan ? Nah buat kalian-kalian yang suka makan.. Nih ada info yang berguna banget untuk dicoba. Ada 100 tempat makan di Jakarta yang pantas masuk daftar rekomendasi untuk dicoba. Mungkin ada juga kalian yang pernah makan di tempat-tempat ini, boleh lah menuangkan satu dua patah kata berisi komentar dan kesan pesannya hehe.. Langsung santap ini !!!

1. Gado-gado Bonbin
Jalan Cikini IV No. 5, Jakpus

Resep olahan Oma sejak 1960 : irisan lontong, potongankol, bayam rebus, tahu, toge serta separuh telur rebus. Lantas disiram dengan saus kacang yang pekat dan ditaburi emping melinjo serta krupuk udang ukuran besar. Menu lain, cendol dan asinan betawi.

2. Cilantro Asian Bistro & Lounge
Level 46, Wisma 46 Kota BNI, Jl Jend. Sudirman Kav. 1, Jakpus

Asal tidak takut ketinggian, bisa menyantap tom yam goong sembari dikelilingi suasana Jkt yang terletak 200 meter di bawah. Nikmati juga menu Thailand poo op modin, serta dim sum di pagi hari atau menu High Tea yang cuma tersedia hari Senin sampai Jumat, dari pk 14.00 sampai 18.00

3. Sate Maranggi Bu Yayah
Jalan Laboratorium No. 3, Komp. PLN Duren Tiga, Jaksel

Menu utama, sate kambing dan sate sapi. Menu lain, oseng daun singkong, macam-macam pepes, sayur asem dan sop daging. Berbeda dengan versi aslinya di Plered, Purwakarta, penyegarnya memakai tomat dan irisan bawang. Dagingnya empuk dan harum, saking empuknya seperti daging kambing muda, begitu pula aroma bumbunya juga harum.

4. Ayam Bakar Taliwang Bersaudara
Jl Panglima Polim IV No. 125, Jaksel

Satu porsi ayam bakar taliwang berupa seekor ayam kampung utuh berukuran mini dengan bobot sekitar 300 sampai 400 gram saja, lebih dari itu, ayam akan terasa alot. Meskipun banyak menggunakan cabai, sentilan pedas ayam bakar ini lembut saja terasa di lidah. Untuk penikmat pedas, ada ayam plecing, yang rasanya lebih pedas.Menu pengiring, plecing kangkung, yang kangkungnya didatangkan dari Lombok, serta menu beberuk terong, yang mirip karedok, juga ada menu sate pusut, sate khas Sasak, berupa campuran kelapa setengah tua dan daging serta dibumbui dengan kemiri,daun jeruk, cabai dan garam.

5.Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk
Pondok Indah Plaza I Blok UA No. 39 Jaksel

Awalnya ada di kedai ayam tulang lunak di Jl Hayam Wuruk, Denpasar. Menu andalan sudah pasti ayam presto, selain ayam ada juga bebek dan bandeng presto. Kalau doyan ayam, pilih aja Ayam Goreng Crispy, Ayam Bakar atau Ayam Goreng Telur Asin. Jangan lupa, habisi pula tulang-tulangnya yang lunak digigit.

6. Bubur Kwang Tung, Seafood ala Hongkong
Jl Pecenongan Jakpus

Menu andalan, bubur kepiting. Bumbunya hanya pakai garam dan kecap asin, nggak pake merica dan micin. Ada menu yang nggak terdaftar, tapi banyak dipesan, yaitu Kepiting Tumis Telur Asin, nah lho, kok bisa banyak yang tahu ya??? Padahal nggak ada di daftar menu…..

7. Bakmi Mbah Mo
Jl Fatmawati Jaksel

Merupakan waralaba bakmi jawa Mbah Mo, Bantul,Yogyakarta. Menu andalan, bakmi godog, dengan kuah yang kental dengan campuran kemirinya sangat terasa,menjadikan kuah terasa lezat dan gurih. Minumnya…. bisa pilih wedang jahe atau wedang ronde.

8.Warung Ayu
Taman Pura Aditya jaya,
Jl Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun, Jaktim

Mencari masakan khas bali??? Nasi campur bali??? Cobalah sajian Pura Aditya Jaya ini. Ada tiga kios yang menjual masakan bali di halaman pura tsb, meski begitu kios milik I Gusti Ayu Taman bisa menjadi pilihan. Jika hari biasa orang datang ke warungnya untuk mencari babi panggang, pada hari Minggu menyediakan babi guling yang disajikan utuh, kue-kue ala Bali dan lawar merah. Menu pilihan lainnya
yang bukan babi, adalah serombotan yang mirip dengan urap, telengis atau pepes blondo, ayam sambal mentah, sayur nangka kuah serta sate lilit ikan.

9.Restoran Cavana
Plaza Semanggi

Restoran waralaba berkonsep easy dining dengan menu andalan Classic Wings. Ayamnya juicy, tidak kering. Menu ayamnya tidak hanya digoreng tapi bisa juga direbus, dipanggang, dengan aneka pilihan bumbu seperti, bumbu thai, black pepper atau curry sweet and sour.

10. Kedai Tiga Nyonya
TIS Square,JlMTHaryono Kav. 8 Tebet, Jaksel

Rindu masakan rumahan yang rasanya tidak aneh-aneh??? Coba sambut tawaran menu dari Kedai Tiga Nyonya ini. Menu andalan adalah ikan bakar pecah kulit dengan pendamping kangkung belacan yang nikmat disantap dalam kondisi panas. Menu masakan rumahan yang lain, seperti ngoh hiang, nasi goreng belacan (terasi)atau soka salad mangga sebagai pemancing selera. Minumannya, ada beberapa pilihan seperti es kelapa muda sirsak, es lobi-lobi atau es cingteng yang merupakan paduan kurma China, lengkeng lotus ship dan ginkgo dicampur menjadi satu. Untuk dessertnya, boleh dicoba pisang bakar berbalut cokelat dan keju yang crispy atau es duren maduro dan serta menu es krim jadoel beraneka rasa yang home made. Sambil bersantap nikmati juga koleksi barang antiknya, seperti foto tiga perempuan dalam kebaya China yang menjadi ikon kedai ini, ada juga cermin besar, batu giok serta pernik-pernik dekorasi lainnya.

11. Riung Sari
Jl Juanda, depan Kantor Sekretariat Negara.

Dari namanya, jelas restoran ini menghidangkan masakan Sunda. Dengan konsep front kitchen, menu andalannya adalah ikan gurame bakar dan goreng, cumi bakar dan ayam bakar cabe hijau dengan sambel khas Riung Sari. Pas beruntung, bisa fotobareng dengan artis Titi Kamal, si pemilik restoran ini.

12. Konopizza
Mal Kelapa Gading, Lantai Dua

Mau coba makan pizza yang mirip es krim contong???? Mampir aja ke Mal Kelapa Gading lantai dua! Sepotong pizza tidak lagi disajikan di atas loyang dan harus disantap sambil duduk manis di samping meja. Sebaliknya adonan toping pizza ditempatkan di atas kulit roti yang mirip tempat es krim dan sudah bisa siap dengan waktu lima menit. Cocok untuk yang punya mobilitas tinggi.

13. The Affair
Apartemen Permata Hijau, Jakarta

Affair tak selalu berkonotasi negatif, apalagi jika melakukannya di sebuah restoran yang menyediakan koneksi internet gratis. Bahkan bisa bebas melakukan affair sambil menyantap ikan cod yang direndam dengan sake dan saus Jepang. Menu andalan, chillie cheese tomato toast panini, angel hair pasta with chillie, tobico and mirin, garlic potatoes with marjoram serta gindara with sake and soy.

14. Kopitiam
Lobby Tower Azalea, Apartemen Garden Mediterania Residence, Tanjung Duren

Belum pernah menikmati sarapan dim sum siap saji dengan kemasan praktis????? Kedai kopi Oriental ini tampil beda dibandingkan dengan warung-warung berlabel Kopitiam di Singapura atauMalaysia. Menu dim sum merupakan menu andalan,menu tambahan, bubur telur pitan, nasi tim, hainan chicken rice sebagai menupenyeimbang. Tentu saja, bagi penggemar kopi masih bisa menikmati caffe latte,cappuccino, hot choco dan black coffe.

15. Sop Ikan Resto Khas Batam Ruko
Jl Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading

Restoran dengan gaya interior minimalis modern dan dapur terbuka ini menyajikan deretan menu khas Kepulauan Riau, antara lain, sop ikan, bawal teluk pulai steam atau goreng. Sop ikannya tidak amis, bahkan terasa manis, gurih dan asin, karena aroma rempah seperti jahe, serai dan kedelai yang ditumbuk halus plus ikan yang segar.

16.Thai Village, Sharks fin Restaurant
Sona Topas Tower, Lantai 21, Jl Jend. Sudirman Kav. 26

Penggila sirip ikan hiu pasti puas! Sirip ikan hiunya dihidangkan cukup besar, tidak diiris-iris seperti di restoran lain, disajikan dalam bentuk sop kuah kental, dicampur dengan kepiting, irisan cumi, ayam, kecambah besar serta daun ketumbar sebagai penyedap aroma. Ada dua jenis pilihan sambal, ada yang ala China yaitu cabe dirajang plus kecap asin atau sambal ala Thai yang berwarna hijau muda dan berasa asem banget.

17.Restoran Kyoka
Bapindo Plaza Lantai 27, Jl Jend. Sudirman

Menu unggulan adalah kaiseki ala raja Jepang tempo doeloe. Sebagai minuman pendamping, bukan sake,tetapi shochu yang terbuat dari ubi fermentasi. Yang perlu diingat, penikmat hidangan kaiseki, harus meluangkan waktu cukup panjang, karena hidangan fine dining ini memakan waktu hingga empat jam untuk dinikmati. Selain kaiseki, maguro sushi (ikan tuna), toro sushi (ikan toro),California Roll (nasi sushi ikan dibungkus rumput laut kering) dan chirasi sushi yang menggunakan ikura ( telur ikan salmon) menjadi favorit pencicip yang mampir ke restoran ini.

18. Restoran Paparazzi
Plaza Indonesia, Lantai Dasar

Sepintas gaya dan konsep restoran ini, tak jauh beda dengan restoran Paprazzi di Kuta, Bali, yang mengarah pada konsep modernAustralia. Menunya, khas restoran di kawasan Sydney dan Melbourne, seperti risotto, steik dari beef tenderloin, portable mushroom risotto-grana-truffle oil, yakni nasi tim butiran besar khas Italia yang dihiasi dengan lembaran keju, atau mencicipi menu unggulan, parmesan crusted sole (ikan sebelah) yang dihidangkan bersama masakan daun bayam dan saus lemon. Jika doyan makanan pembuka jenis kuah atau krem, bisa pilih lobster isque fresh musselscrusty bread.

19. Restoran Takigawa
Jl Panglima Polim X No 10P, Melawai,Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Penikmat kuliner yang selain ingin menikmati masakan khas Jepang juga ingin menikmati suasana musim gugur di Jepang, boleh mencoba restoran ini. Menu andalannya adalah kamameshi, nasi bakar Jepang yang berkerak. Beras Jepang yang dimasak dengan air kaldu ikan selama 20 menit diberi bubuk cabai kering Jepang, sehingga beraroma dan rasa yang kuat. Nasi dimasak dalam wadah yang terbuat dari aluminium yang dipesan langsung dari Jepang. Tambahan lain dalam kamameshi dapat pula berupa gomoku (salmon, scallop, udang ayam), tori (ayam, telur), takigawa (belut, kepiting, udang, salmon, scallop, ayam) atau unagi (belut).Menu unggulan lainnya, kushiyaki (sate Jepang) yang proses pembakarannya diberi sake sehingga aroma dan rasanya menjadi gurih. Atau boleh dicoba fhusion sushi roll, nigiri sushi serta sashimi. Jangan lewatkan makanan pembukanya, wakame salad.

20. Warung Bakudapa
Bali Splash Area, Kemang, Jakarta

Penggemar makanan khas Manado bisa berburu ke warung modern ini. Beberapa menu, seperti sop buntut, dendeng balado, nasi campur, bubur manado sampai tempe penyet boleh dicoba. Sop buntut Bakudapa menjadi sop buntut favorit di Bali. Lho kok di Bali??? Memang, warung ini merupakan cabang Bakudapa yang di Bali. Sambalnya, yang disebut sambel mata lumayanmenantang, Cabe, bawang merah dan bumbu lain tidak diulek, tapi dicacah. Jadilah, sambel mentah yang gurih.

21. Burger Blenger
Jl Lamandau IV, Kebayoran Baru, Jaksel

Burger dan hot dog di kedai ini tampil dalam porsi besar dan olesan mayonnaise yang terbilang royal. Di kedai ini cuma ada empat menu makanan, yaitu cheese burger, beef burger serta chili dog dan cheesy dog, kedua terahir ini merupakan aplikasi resep dari Jerman. Menu andalannya adalah cheese burger,
satu porsi cheese burger ala Burger Blenger ini memang benar-benar bikin mblenger kekenyangan. Selain ukurannya heboh, sayuran dalam cheese burger ini tampak agak berbeda, timunnya adalah kyuri atau timun Jepang segar, bukan timun yang diasinkan, selada air atau selada keriting diganti dengan letuce, sehingga jika digigit lebih crispy.

22.Restoran Excito
Hotel Spark

Buat pecinta sea food, restoran ini menjanjikan sesuatu yang baru dan segar, yaitu appetizer sea food. Dari 70 item makanan dalam daftar menu, 90% nya merupakan sea food yang dihidangkan dengan
penyajian konsep Barat lewat paket buffet dinner. Menu pembuka yang wajib dicoba, smoked salmon, sea food lobster dan sea food kepiting yang semuanya diolah ala rebus agar kandungan gizinya tidak berkurang dan tentu saja terlihat lebih segar.

23. Lara Djonggrang
Jl Cik Di Tiro No. 4, Menteng, Jakarta Pusat

Ingin mencoba pengalaman menyantap hidangan yang konon pernah disantap Raja Hayam Wuruk? Menurut si empunya restoran, Raja Hayam Wuruk yang memerintah Kerajaan Majapahit, melakukan ekspedisi menyusuri tempat-tempat di tanah air selama 10 bulan dan selama itu menikmati perpaduan hidangan inggil kerajaan dengan masakan khas masyarakat di tempat-tempat yang disinggahi. Hidangan tersebut kini tersaji di Lara Djonggrang, restoran yang didesain mirip museum ini,membuat penggemar kuliner seolah-olah berada di awal abad ke-14. Merujuk ke buku menu dengan ukuran besar dan berat, sebagai hidangan pembuka, Udang Swarloka, bola udang renyah yang disajikan di wadah
unik berbentuk kerang merupakan menu spesial yang harus dicoba. Sedangkan menu utama berupa hidangan laut, sebut saja, Pasar Ikan Nelayan Kampong Tugu yang merupakan campuran hidangan laut segar bakar atau rebus, seperti udang, cumi, kerang dan kepiting. Juga, ada Rajungan Bumbu Rujak khas Tuban, Kare Udang Kipas khas Kepulauan Seribu atau Kerang Hijau Saos Rendang khas pesisir Padang. Sambal yang menemani hidangan ini, bisa dicoba sambal terasi, sambal matah khas Bali atau sambal lombok ijo. Yang tak kalah unik adalah beragam nasi dari seluruh nusantara yang kini nyaris terlupakan. Ada nasi dengan masakan khas masyarakat di tempat-tempat yang disinggahi. Hidangan brongkos khas Demak, nasi merah, nasi kunyit dan nasi jagung. Nasi jagung di restoran ini, tidak seperti layaknya nasi jagung khas Madura yang menggunakan jagung keras, tetapi menggunakan beras pulen yang dicampur butiran jagung rebus yang empuk.

24. Penang bistro
Kebon Sirih Raya, Jakarta

Untuk penggemar masakan khas negeri jiran Malaysia, restoran ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan interior bernuansa modern kontemporer, Penangbistro menyajikan masakan khas daerah Penang, yang terkenal dengan paduan cita rasa empat budaya, yaitu Malaysia, China, India dan Portugis. Tak heran, jika dalam daftar menunya bisa didapatkan, roti canai chicken curry ala India, sea food steamed ikan garoupa otak-otak, mango chicken, nasi lemak penang, prawn mie, sate ala Malaysia, kerabu ebi mangga,Malay seafood mie, atau nasi nyonya yang gurih lengkap dengan kare ayam dan sambal ikan bilis. Sebagai hidangan pembuka, ada penang rojak atau salad khas Penang, sedangkan menu penutupnya, ada pulut hitam dengan es krim.

25. Restoran Dante
Jl Dharmawangsa Raya, Jaksel

Jika kebetulan Anda doyan dengan masakan oriental, bisa memilih menu andalan berupa kwetiauw atau nasi siram sapi lada hitam, nasi ayam canton, mie goreng ala Hongkong, nasi goreng yong chow dan aneka dim sum. Sedangkan minuman andalan restoran ini adalah minuman serba madu yang disebut flavour honey, dimana semua aneka jus menggunakan pemanis madu, sehingga rasanya lebih enak.

Lanjut lagi yah ke bagian kedua disini hehe…

Sumber: usaha-onlines.blogspot.com

Comments

comments

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Only registered users can comment.